Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik Pada PembelajaranTematik Terpadu dengan Menggunakan Model lnkuiri di Kelas V SD Negeri 29 Tanjung Pauh Kota Payakumbuh

Mufid, Fadhil (2023) Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik Pada PembelajaranTematik Terpadu dengan Menggunakan Model lnkuiri di Kelas V SD Negeri 29 Tanjung Pauh Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Univesitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_FADHI_MUFID_19129016_3483_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu yang masih rendah. Pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu belum terlaksana secara efektif. Peserta didik kurang termotivasi untuk aktif untuk mencari, menemukan dan memecahkan masalah terhadap materi pembelajaran secara mandiri. Hal ini disebabkan karena guru dalam melaksanakan pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan pembelajaran masih dilaksanakan secara konvensional. Sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Inkuiri di kelas V SD Negeri 29 Tanjung Pauh Kota Payakumbuh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 29 Tanjung Pauh Kota Payakumbuh. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas dan peserta didik yang berjumlah 22 orang peserta didik. Yang terdiri dari 11 orang peserta didik laki-laki dan 11 orang peserta didik perempuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif, Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Perencanaan RPP pada siklus I diperoleh rata -rata80,55% (B), meningkat pada siklus II 94,44% (SB). Hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I dengan rata-rata 82,83(B) meningkat pada siklus II 93,75% (SB).Sedangkan hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas peserta didik rata-rata siklus I 79,68%(B),meningkat padasiklus II menjadi 90,62% (SB). Hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 72,36(C) dan meningkat pada siklus II menjadi 90,43(SB). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorAndika, RefionaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:41
Last Modified: 20 Oct 2023 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47515

Actions (login required)

View Item View Item