Pengembangan Media Pembelajaran IPAS Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar

Maivi, Comala (2023) Pengembangan Media Pembelajaran IPAS Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_COMALA_MAIVI_19129100_5297_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh oleh minimnya keterampilan guru dalam mempergunakan media berbasis IT dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan teknologi informasi serta menciptakan produk terbaru sesuai dengan perkembangan zaman. Jenis penelitian yang dipergunkan dalam penelitian ini adalah R&D (Reserch and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SDN 01 Benteng dan SDN 12 Bukit Cangang. Media yang dirancang divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk ini terdiri dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Kemudian diujicobakan di kelas IV SDN O 1 Benteng dan SDN 12 Bukit Cangang untuk mengetahui praktikalitas dan efektifitas media yang dikembangkan. Hasil penelitian yang dikembangkan, didapatkan hasil tingkat validitas media pembelajaran IPAS menggunakan Articulate Storyline 3 berbasis Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar dengan nilai validasi 93,33% dari ahli materi, hasil validasi bahasa mendapatkan nilai 93,33%, serta validasi media mendapatkan nilai 90,90% dalam kategori sangat valid. Selanjutnya hasil uji praktikalitas respon guru mendapat nilai rata-rata 95,31 % dan respon peserta didik mendapat nilai rata-rata 91,95% dengan kategori sangat praktis. Media dinyatakan efektif setelah uji validitas dikonfirmasi dari hasil persentase nilai integritas siswa dengan persentase 88,5% untuk pertemuan 1 topik Adan 93% untuk pertemuan 2 topik B. Hasil ini memberi gambaran bahwa media pembelajaran yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPAS menggunakan Articulate Storyline 3 berbasis Discovery Learning di Kelas IV Sekolah dasar yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan juga efektif sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Oct 2023 08:44
Last Modified: 19 Oct 2023 08:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47512

Actions (login required)

View Item View Item