Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDN 01 Pauh Kota Padang

Putri, Cindy Hendrica (2023) Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDN 01 Pauh Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_CINDY_HENDRICA_PUTRI_19129011_5208_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru kurang menerapkan model pembelajaran inovatif dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, kurang mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran berbasis kelompok, kurang memberikan rangsangan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari, kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengolah informasi yang diperoleh dan kurang membimbing siswa dalam menyimpulkan pembelajaran. Sehingga rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan peneltian kualitatif dan kuantitatif Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil pengamatan, perencanaan, pelaksanaan menggunakan model Project Based Learning. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai praktisi, guru sebagai observer dan siswa kelas V di Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 81,8% (B), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 95,5% (SB), b) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 79, 7% (C), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 96,9% (SB), c) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 79,7% (C), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 96,9% (SB), dan d) hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 71,5 (C), meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 83 (B). Dari basil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Project Based Learning dapat meningkatkan basil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Oct 2023 08:44
Last Modified: 19 Oct 2023 08:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47511

Actions (login required)

View Item View Item