Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Menggunakan Web Canva pada Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar

Fitri, Azmi Ruzani Ulfa (2023) Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Menggunakan Web Canva pada Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_AZMI_RUZANI_ULFA_FITRI_19129010_3616_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kenyataan bahwa kurangnya pemanfaatan teknologi terhadap pembuatan bahan ajar di sekolah. Padahal terdapat fasilitas yang memadai untuk pembuatan bahan ajar menggunakan teknologi. Alasan guru tidak memanfaatkan fasilitas yang ada dengan maksimal adalah karena kekurangan waktu dan guru belum memiliki kemampuan untuk merancang bahan ajar menggunakan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menggunakan web canva pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD yang valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Model ADDIE terdiri atas lima tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), develop (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (penilaian). Data dari penelitian ini diperoleh dari lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri atas lembar validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli media dan guru penggerak. Sedangkan angket respon terdiri atas angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek ujicoba penelitian ini adalah 24 orang yang terdiri atas 11 orang peserta didik laki­ laki dan 13 orang peserta didik perempuan di kelas IVB SDN 10 Bandar Buat kota Padang. Hasil penelitian ini memperoleh bahan ajar berupa e­modul yang valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi dari empat validator yaitu ahli materi, ahli bahasa, ahli media dan guru penggerak memperoleh hasil akhir sebesar 93,25% dengan kategori "Sangat Valid". Sedangkan hasil kepraktisan dari angket respon guru dan peserta didik memperoleh hasil akhir sebesar 94,83% dengan kategori "Sangat Praktis". Dengan demikian bahan ajar e­modul menggunakan web canva pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD ini dinyatakan telah valid dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorFarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Oct 2023 08:43
Last Modified: 19 Oct 2023 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47509

Actions (login required)

View Item View Item