Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP SIMA Padang

Putri, Octa Stafia (2023) Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP SIMA Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_OCTA_STAFIA_PUTRI_19016112_2613_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pertama, mendeskripsikan struktur teks deskripsi karya siswa kelas VII SMP SIMA Padang. Kedua, mendeskripsikan unsur kebahasaan teks deskripsi siswa kelas VII SMP SIMA Padang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah teks deskripsi siswa kelas VII SMP SIMA Padang. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP SIMA Padang tahun ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen unjuk kerja berupa konteks menulis teks deskripsi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik pancing. Teknik pengabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik triangulasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah pertama, mengidentifikasi data sesuai dengan konsep atau teori struktur dan unsur kebahasaan. Kedua, mengidentifikasi data berdasarkan teori yang menjadi acuan. Ketiga, menganalisis data dengan cara mencatat kalimat-kalimat yang berhubungan dengan unsur kebahasaan teks berita. Keempat, menginterpretasikan data yang sudah dianalisis. Kelima, menyimpulkan hasil deskripsi data dengan menulis laporan. Hasil penelitian ini terdiri atas dua. Pertama, dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP SIMA Padang telah menggunakan ketiga struktur teks. Ketiga struktur teks itu adalah identifikasi/gambaran umum, deskripsi bagian dan simpulan. Hal itu terbukti dari 22 teks deskripsi yang telah dianalisis, terdapat 14 teks deskripsi yang lengkap menggunakan identifikasi/gambaran umum, deskripsi bagian dan simpulan, 20 teks yang memiliki struktur deskripsi bagian, dan 14 teks yang memiliki struktur simpulan. Kedua, dilihat dari segi kebahasaan, siswa kelas VII SMP SIMA Padang masih memiliki kesalahan. Hal tersebut terbukti dari 203 kalimat yang dianalisis, terdapat 140 kalimat dan EYD yang tidak tepat. Hal ini dapat dilihat dari 5 kesalahan pada pola unsur kalimat yang tidak tepat, 128 kesalahan pada pemakaian huruf kapital yang tidak tepat, 13 kesalahan pada kata depan yang tidak tepat, 13 kesalahan pada kata ganti ku-, kau-, -ku, -mu, dan -nya, dan 48 kesalahan pada tanda baca yang tidak tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoveria, EnaUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
CorrectorHafrison, MohdUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 19 Oct 2023 04:51
Last Modified: 19 Oct 2023 04:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47500

Actions (login required)

View Item View Item