Pengaruh Efektifitas Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran PjBL terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran P3EAV Kelas XII AV SMK N 1 Padang.

Alfala, Harfit (2023) Pengaruh Efektifitas Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran PjBL terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran P3EAV Kelas XII AV SMK N 1 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_5_HARFIT_ALFALA_18065009_48_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMKN 1 Padang, masih banyak nya siswa kelas XII dapartemen teknik elektronika, yang memperoleh nilai hasil belajar dibaawah standar kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran P3EAV yang di tetapkan di sekolah yaitu 75 dengan rentang 0-100. dari banyak faktor yang mempengaruhi efektifitas belajar diantaranya adalah penggunaan model pembelajaran PjBL. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh efektifitas belajar dengan menggunakan model pembelajaran PjBL terhadap hasil belajar pada mata pelajaran P3EAV kelas XII AV SMK N 1 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII AV dapartemen teknik audio vidio SMK N 1 Padang TA 2022/2023. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektik sebanyak 17 butir soal. Data yang diperoleh dari analisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-tes). Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang sebelum diberi perlakuan memiliki rata-rata nilai (66,19) lalu rata-ratanya meningkat setelah menggunakan model pembelajaran PjBL memiliki rata-rata nilai (84,87). Sedangkan dari perhitungan t-tes diperoleh thitung adalah 7,7725. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini disebabkan karena pada kelas sampel siswa dibimbing menggunakan model pembelajaran PjBL sehingga pengaruh efektifitas belajar meningkat. Kegiatan ini mengakibatkan pengetahuan yang diperoleh sebelumnya akan bertahan lama karena melibatkan siswa langsung dalam pembuatan proyek

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHanesman, HanesmanUNSPECIFIED
CorrectorIrfan, DedyUNSPECIFIED
CorrectorLegiman, LegimanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: EFEKTIFITAS BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:15
Last Modified: 19 Oct 2023 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47493

Actions (login required)

View Item View Item