Piliang, Nurhafifah Rahmi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Improve terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Bidang Studi Sosiologi Kelas XII IPS MAN Sibolga Tahun Pembelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_4_NURHAFIFAH_RAHMI_PILIANG_18058228_3005_2023.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilataar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, kurangnya varian model pembelajaran, kurangnya minat belajar peserta didik menyebabkan mudah merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran dan peserta didik berperan sebagai pendengar sehingga penguasaan terhadap materi yang diberikan sangat terbatas yang berdampak rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran improve terhadap hasil belajar peserta didik bidang studi Sosiologi kelas XII IPS 2 MAN Sibolga. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimental design dengan design one group pretest dan posttest. Pada design ini hanya melibatkan satu kelompok saja serta tidak ada kelompok kontrol/ pembanding. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII IPS MAN Sibolga. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik simple random sampling yang dilakukan secara undian kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XII IPS 2. Teknik analisis data digunakan adalah analisis paired samples test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa taraf signifikan yang diperoleh sebesar memperoleh 0,07 lebih besar dari taraf signifikan 5% = 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa HO ditolak dan H1 diterima berarti terdapat pengaruh model pembelajaran improve terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik bidang studi Sosiologi kelas XII IPS 2 MAN Sibolga tahun ajaran 2022/ 2023. Hal ini terlihat dari perbedaan data nilai mean antara pretest dan posttest. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai mean peserta didik pada tes awal sebesar 63,86 sedangkan nilai mean peserta didik pada tes akhir memperoleh sebesar 84,09. Pembelajaran dengan model pembelajaran improve mencapai hasil yang baik, terlihat dari ketuntasan belajar yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran improve termasuk kategori yang tuntas dibanding dengan ketuntasan belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yang belum termasuk kategori tidak tuntas
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN IMPROVE | ||||||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LC Special aspects of education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Arlianis | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Oct 2023 08:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Oct 2023 08:25 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47470 |
Actions (login required)
View Item |