Pengembangan Media Komik Digital dengan Menggunakan Aplikasi Comica untuk Melati Keterampilan Menganalisis Sebab dan Akibat Peristiwa Sejarah Siswa SMA

Putri, Novia Kasnasih (2023) Pengembangan Media Komik Digital dengan Menggunakan Aplikasi Comica untuk Melati Keterampilan Menganalisis Sebab dan Akibat Peristiwa Sejarah Siswa SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_NOVIA_KASNASIH_PUTRI_19046038_3411_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah keterbatasan penggunaan media pembelajaran yang mampu melatih keterampilan historical thinking siswa. Salah satu keterampilan berpikir sejarah atau sitorical thinking yang harus dimiliki oleh siswa adalah keterampilan menganalisis sebab dan akibat peristiwa sejarah. Dalam melatih keterampilan tersebut, guru dapat menggunakan media pembelajaran yang interaktif, salah satunya media pembelajaran komik digital. Tujuan penelitian ini dilakukan guna untuk; 1) Mengetahui cara pengembangan media pembelajaran yang mampu melatih anak dalam keterampilan menganalisis sebab dan akibat peristiwa sejarah. 2) Mengetahui kevalidan media komik digital dalam melatih keterampilan menganalisis sebab dan akibat siswa. Dan 3) Mengetahui kepraktisan komik digital dalam melatih keterampilan menganalisis sebab dan akibat siswa dalam peristiwa sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri atas 4 tahap pengembangan, yakni pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Adapun dasar penggunaan model 4D adalah karena setiap langkah-langkah tahap prosedur pengembangan dijelaskan secara detail, apa saja yang peneliti lakukan dalam mengembangkan media komik digital. Penyusunan instrumen dalam penelitian ini meliputi lembar angket yang terdiri dari lembar angket validasi ahli materi, lembar angket validasi ahli media, lembar uji praktikalitas guru, dan lembar uji praktikalitas peserta didik. Dalam penerapan penggunaan media komik digital ini dilakukan kepada siswa kelas XI di SMA N 13 Padang. Hasil analisis dari penelitian ini di ukur dengan menggunakan deskriptif kuantitatif yang diperoleh dari pengukuran dengan menggunakan skala Likert. Hasil dari pengembangan media komik digital dapat dilihat dari proses perancangan hingga menjadi suatu produk media pembelajaran komik digital. Adapun yang menjadi hal utama dari media komik digital adalah adanya dialog antar tokoh yang disusun untuk melatih keterampilan menganalisis sebab dan akibat peristiwa sejarah siswa. Kelayakan media komik digital dapat dilihat pada tingkat penilaian validasi materi dan validasi media yang memiliki tingkat kelayakan dengan kategori sangat layak. Praktikalitas media komik digital yang dilakukan kepada guru dan peserta didik memilki tingkat kepraktisan dengan kategori sangat praktis. Sehingga media komik digital sangat layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran untuk melatih keterampilan menganalisis sebab dan akibat peristiwa sejarah siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOfianto, OfiantoUNSPECIFIED
CorrectorYefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
CorrectorHastuti, HeraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:23
Last Modified: 18 Oct 2023 08:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47467

Actions (login required)

View Item View Item