Hubungan Persepsi terhadap Pembelajaran Online dengan Penyesuaian Diri Siswa dalam Belajar di Era New Normal di SMP Adabiah Padang

Aranxia, Aranthia (2023) Hubungan Persepsi terhadap Pembelajaran Online dengan Penyesuaian Diri Siswa dalam Belajar di Era New Normal di SMP Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_ARANTHIA_ARANXIA_18006004_63_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SMP Adabiah Padang beberapa siswa di SMP Adabiah Padang mengenai anggapan siswa terhadap pembelajaran online pada tanggal 4 September 2021 yang menyatakan bahwa terdapat banyak siswa yang mengalami kendala dalam menyelesaikan semua tugas-tugas yang diberikan oleh guru selama pembelajaran online berlangsung. Saat pembelajaran online berlangsung beberapa siswa beranggapan bahwa pembelajaran online tidak menyenangkan dan sangat membosankan karena hanya terfokus kepada Handphone dan aplikasi pembelajaran online (Geschool). Anggapan tersebut berbeda dari yang diharapkan oleh guru yang mengupayakan pembelajaran semenarik mungkin akan tetapi belum terlaksana dengan optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi dari penelitian ini berjumlah 308 orang siswa dan sampel sebanyak 174 orang siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket skala likert. Analisis data menggunakan statistik deskriptif menggunakan rumus product moment correlations dengan bantuan program SPSS versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa SMP Adabiah Padang memiliki persepsi terhadap pembelajaran online yang bervariasi, secara umum berada pada kategori rendah dengan persentase 36,2%, sedangkan dari segi penyesuaian diri siswa SMP Adabiah Padang dalam belajar di Era New Normal memiliki hasil yang bervariasi juga, secara umum berada pada kategori rendah dengan persentase 38,5%. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap pembelajaran online dengan penyesuaian diri siswa dalam belajar di era new normal di SMP Adabiah Padang dengan r hitung sebesar 0,414 dengan tingkat signifikan 0,000. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap pembelajaran online dengan penyesuaian diri siswa dalam belajar di era new normal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ZadrianUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DiasUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:21
Last Modified: 18 Oct 2023 08:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47460

Actions (login required)

View Item View Item