Hubungan Komunikasi Persuasif Instruktur dengan Partisipasi Peserta Pelatihan pada Program Kecakapan Kerja di LKP Widyaloka Bukittinggi

Nurhasanah, Visa (2023) Hubungan Komunikasi Persuasif Instruktur dengan Partisipasi Peserta Pelatihan pada Program Kecakapan Kerja di LKP Widyaloka Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_VISA_NURHASANAH_17005098_4861_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi peserta pelatihan dalam mengikuti program keterampilan kerja di LKP Widyaloka Bukittinggi. Hal ini diduga disebabkan oleh kurangnya komunikasi persuasifyang dilakukan instruktur sehingga menyebabkan rendahnya partisipasi peserta pelatihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Melihat gambaran komunikasi persuasif instruktur program keterampilan kerja di LKP Widyaloka Bukittinggi. 2) Melihat gambaran keikutsertaan peserta pelatihan pada program keterampilan kerja di LKP Widyaloka Bukittinggi. 3) Untuk mengetahui hubungan komunikasi persuasif instruktur dengan partisipasi peserta pelatihan pada program keterampilan kerja di LKP Widyaloka Bukittinggi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3 8 orang dan sampel yang diambil sebanyak 26 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan urutan rangking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Deskripsi komunikasi persuasif instruktur pada program keterampilan kerja di LKP Widyaloka Bukittinggi berkategori rendah; 2) Gambaran partisipasi peserta pelatihan pada program keterampilan kerja di LKP Widyaloka Bukittinggi dikategorikan rendah; 3) Gambaran hubungan yang signifikan antara komunikasi persuasif instruktur dengan partisipasi peserta pelatihan pada program keterampilan kerja di LKP Widyaloka Bukittinggi. Saran penelitian adalah: 1) Diharapkan instruktur mampu memberikan komunikasi persuasif yang baik kepada peserta pelatihan sehingga tercipta suasana kondusif dalam suatu kegiatan; 2) Diharapkan peserta pelatihan aktif dan mengikuti kegiatan yang ada sehingga dapat memperoleh manfaat maksimal dari pelatihan; 3) Diharapkan bagi peneliti untuk mengkaji lebih lanjut variabel­ variabel baru sehingga dapat menambah variabel yang akan diteliti lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorNatsir, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorArini, Fitri DwiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:39
Last Modified: 18 Oct 2023 07:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47456

Actions (login required)

View Item View Item