Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP N 1 Lembah Melintang

Kartika, Mila (2023) Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP N 1 Lembah Melintang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_MILA_KARTIKA_17329179_1817_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah :pertama, problematika peseta didik dalam membaca Al-Qur’an di SMP N 1 Lembah Melintang. Kedua, upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan problematika peserta didik dalam membaca Al-Qur’an di SMP N 1 Lembah Melintang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian berasal dari pihak sekolah SMP N 1 Lembah Melintang yaitu kepala sekolah, guru dan siswa.Siswa sebagai informan penelitian adalah siswa kelas VII, yang ditentukan dengan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan, terdapat 13 orang yang akan dijadikan sebagai informan penelitian. Hasil penelitian menemukan beberapa bentuk kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VII SMP N 1 Lembah Melintang dalam membaca Al-Qur’an. Pertama pada Ilmu Tajwid, problematika ini dialami oleh 10 siswa, dengan kesulitan membedakan panjang pendeknya suatu bacaan, mendengungkan, mentasydidkan, menebalkan, memantulkan, menjelaskan atau menyamarkan suatu bacaan dan kesulitan mengetahui tanda berhenti, lanjut atau mulainya saat membaca Al-Qur’an. Kedua, problematika peserta didik dalam membaca Al-Qur’an terletak pada Makharijul Huruf. Problematika ini dialami oleh 9siswa kelas VII SMP N 1 Lembah Melintang, dengan kesulitan yaitu terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an, sulit membedakan tebal tipisnya suatu huruf, kesulitan membaca huruf hijaiyah pada jenis makharijul huruf rongga mulut, tenggorokan dan lidah, kesulitan memahami sifat huruf Lazimah (Hams/keluar nafas dan Isti’la) dan sifat huruf Aridhah (memantulkan, tarqiq/tipis), tafkhim/tebal). Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat lebih dari setengah jumlah siswa yang menjadi informan penelitian mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an baik dari Makharijul Huruf maupun Ilmu Tajwid di SMP N 1 Lembah Melintang. Upaya yang dapat dilakukan yaitu oleh pihak sekolah SMP N 1 Lembah Melintang yaitu pertama, membuat program pendidikan Al-Qur’an seperti program Tahfidz dan tadarus Al-Qur’an. Kedua, bimbingan dengan guru ahlinya, Ketiga memberikan materi tentang membaca AlQur’an yang sesuai kaidah. Serta dengan sekolah untuk membuat program yang diharapkan dapat memupuk, mendorong minat dan motivasi peserta didik untuk membaca Al-Qur’an. Sehingga, membantu peserta didik mengentaskan problematika membaca Al-Qur’an yang dialami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlfurqan, AlfurqanUNSPECIFIED
CorrectorMuliati, IndahUNSPECIFIED
CorrectorWiza, RahmiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:27
Last Modified: 18 Oct 2023 03:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47434

Actions (login required)

View Item View Item