Hubungan Antara Keaktifan Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Pelatihan di Lpk Hoshi Hikari Parupuk Tabing Kota Padang

Febriansyah, Pradi Ciaca (2023) Hubungan Antara Keaktifan Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Pelatihan di Lpk Hoshi Hikari Parupuk Tabing Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_PRADI_CIACA_FEBRIANSYAH_17005176_5238_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta pelatihan di LPK Hoshi Hikari Parupuk Tabing Kota Padang. Hal ini diduga karena keaktifan peserta pelatihan yang rendah sehingga mengakibatkan hasil belajar peserta pelatihan rendah. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk : 1) Melihat gambaran keaktifan belajar peserta pelatihan di LPK Hoshi Hikari Parupuk Tabing Kota Padang. 2) Melihat gambaran hasil belajar peserta pelatihan di LPK Hoshi Hikari Parupuk Tabing Kota Padang. 3) Untuk mengetahui hubungan antara keaktifan belajar dengan hasil belajar peserta pelatihan di LPK Hoshi Hikari Parupuk Tabing Kota Padang. Pendekatan penelitian ini yakni kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah yakni 30 orang dan sampel yang diambil yakni 21 orang dengan pengambilan sampel dengan teknik clusster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket. Teknik analisis data dengan rumus persentase serta rank order. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keaktifan belajar peserta pelatihan di LPK Hoshi Hikari Parupuk Tabing Kota Padang dikategorikan rendah; 2) Gambaran hasil belajar peserta pelatihan di LPK Hoshi Hikari Parupuk Tabing Kota Padang dikategorikan rendah; 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan belajar dengan hasil belajar peserta pelatihan di LPK Hoshi Hikari Parupuk Tabing Kota Padang. Saran penelitian yakni : 1) kepada instruktur supaya dapat berinovasi mengenai kegiatan pembelajaran sehingga dapat menjadi daya tarik bagi peserta pelatihan untuk aktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.; 2) Diharapkan pada peneliti selanjutnya supaya bisa meneliti variabel barn sehingga bisa menambah variabel yang ada dan memperlengkapnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, WirdatulUNSPECIFIED
CorrectorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorIrmawita, IrmawitaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Oct 2023 04:01
Last Modified: 18 Oct 2023 04:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47432

Actions (login required)

View Item View Item