Peran Perempuan Pekerja Kue Kipang Sebagai Kepala Keluarga dalam Menjalankan Fungsi Keluarag di Tanjung Kipang Nagari Atar Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar

Halim, Nur Halimah (2023) Peran Perempuan Pekerja Kue Kipang Sebagai Kepala Keluarga dalam Menjalankan Fungsi Keluarag di Tanjung Kipang Nagari Atar Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_NUR_HALIMAH_HALIM_17005083_767_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketangguhan perempuan sebagai orang tua tunggal dalam menjalankan perannya sebagai ibu sekaligus ayah bagi anak­ anaknya. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peran perempuan pekerja kue kipang sebagai kepala keluarga dalam menjalankan fungsi keluarga di Tanjung Kipang Nagari Atar Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tarrah Datar. Fokus penelitian adalah bagaimana peran perempuan pekerja kue kipang sebagai kepala keluarga dalam menjalankan fungsi keluarga. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah 2 orang perempuan pekerja kue kipang yang menjadi orang tua tunggal dan anak­anak mereka, sedangkan informan penelitian adalah keluarga dan tetangga terdekat dari subjek penelitian. Lokasi penelitian di Tanjung Kipang Nagari Atar Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tarrah Datar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Hasil penelitian tentang peran perempuan sebagai kepala keluarga dalam menjalankan fungsi keluarga adalah sebagai berikut: (1) Fungsi agama, ibu mengajak anak­anaknya untuk melaksanakan ibadah shalat lima waktu dan memasukkan anaknya ke TPA setempat untuk mengenyam pendidikan agama serta untuk mendalaminya. (2) Fungsi kasih sayang, perempuan pekerja kue kipang Meluangkan waktu untuk bisa berkumpul bersama dan berbagi cerita bersama anaknya, dan juga merawat anaknya ketika sakit. (3) Fungsi Sosial, dalam menjalankan fungsi sosial subyek mengajak anaknya untuk berdiskusi bersama mengenai masalah yang sedang dihadapinya dan mencari solusi terhadap masalah tersebut. (4) Fungsi pendidikan, dalam menjalankan fungsi pendidikan ibu tunggal juga menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi dan mengajarkan anaknya untuk bisa hidup mandir. (5) Fungsi ekonomi, dalam menjalankan fungsi ekonomi hal yang dilakukan ialah Bekerja sebagai pekerja kue kipang untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan menghemat pendapatan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWisroni, WisroniUNSPECIFIED
CorrectorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorJalius, JaliusUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:08
Last Modified: 18 Oct 2023 02:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47431

Actions (login required)

View Item View Item