Hubungan antara Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi dengan Perkembangan Berbicara pada Anak Usia 5-6 Tahun di RW 03 Kelurahan Air Tawar Barat

Sati, Laras (2023) Hubungan antara Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi dengan Perkembangan Berbicara pada Anak Usia 5-6 Tahun di RW 03 Kelurahan Air Tawar Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_LARAS_SATI_18005015_2882_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan berbicara pada anak usia 5-6 tahun yang ditemui di RW 03 Kelurahan Air Tawar Barat diduga karena pengetahuan orang tua tentang stimulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan gambaran mengenai pengetahuan orang tua tentang stimulasi, perkembangan berbicara pada anak usia 5-6 tahun, dan hubungan antara pengetahuan orang tua tentang stimulasi dengan perkembangan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di RW 03 Kelurahan Air Tawar Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 56 ibu yang memiliki anak usia 5-6 tahun sedangkan sampel sebanyak 33 ibu. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan korelasi rumus Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan orang tua tentang stimulasi terhadap anak tergolong tinggi, perkembangan berbicara pada anak usia 5-6 tahun tergolong rendah, dan terdapat hubungan antara pengetahuan orang tua tentang stimulasi dengan perkembangan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di RW 03 Kelurahan Air Tawar Barat yang dikategorikan sedang. Disarankan kepada orang tua, agar dapat menciptakan lingkungan yang dikondusif agar anak dapat meningkatkan perkembangan berbicara anak. Serta kepada peneliti lain supaya melihat fenomena tambahan terkait perkembangan anak dengan menggunakan variabel yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, WirdatulUNSPECIFIED
CorrectorNatsir, NatsirUNSPECIFIED
CorrectorSunarti, VeviUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Oct 2023 08:42
Last Modified: 17 Oct 2023 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47420

Actions (login required)

View Item View Item