Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Sungai Apit

Zulirfan, Muhammad Navri (2023) Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Sungai Apit. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_MD_NAVRI_ZULIRFAN_19045024_2747_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dalam pelajaran geografi dapat mempengaruhi kemampuan berpikir spasial siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang memiliki desain eksperimen, Quasi experiment by giving posttest only control group design by using two groups dimana sampel penelitiannya adalah kelas XII IPS sebagai group eksperimen dan XII MIA adalah kelas kontrol. Tes kemampuan berpikir spasial diberikan setelah perlakuan kedua kelas. Tes diberikan dengan soal essay menggunakan indikator kemampuan berpikir spasial. Teknik analisis data menggunakan SPSS 16.0 for Windows dengan uji-t (Independent Sample T-test). Hasil penelitian menunjukkan, nilai rata-rata hasil tes essay siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Rata-rata kelas eksperimen adalah 78,09 dan kelas kontrol adalah 69,16, sehingga selisih kelas adalah 8,93%. Berdasarkan hasil analisis data Uji-T, penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan memetakan kemampuan, minat/bakat, dan gaya/kebutuhan belajar siswa pada pembelajaran geografi ternyata berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Sungai Apit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorSuasti, YurniUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Oct 2023 08:42
Last Modified: 17 Oct 2023 08:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47418

Actions (login required)

View Item View Item