Hubungan Antara Kondisi Keluarga Broken Home dengan Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini di Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan

Alsri, Dea Wisda (2023) Hubungan Antara Kondisi Keluarga Broken Home dengan Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini di Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_DEA_WISDA_ALSRI_19005006_5282_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kecerdasan emosi anak usia dini di Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan, di duga karena kondisi ketidak harmonisan orang tua dari keluarga broken home dalam pengasuhan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk : ( 1) mengungkapkan gambaran mengenai kondisi keluarga broken home dalam pengasuhan anak usia dini, (2) gambaran mengenai kecerdasan emosi anak usia dini, (3) mengetahui hubungan antara kondisi keluarga broken home dengan kecerdasan emosi anak usia dini di Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini berjenis kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini orang tua yang sudah bercerai dan mempunyai anak usia dini yang berjumlah 15 orang dan sampel 15 orang dengan teknik sampel yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus spearman rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ( 1) kondisi ketidakharmonisan orang tua dalam keluarga broken home tergolong tinggi, (2) kecerdasan emosi anak usia dini yang berumur 5-6 tahun tergolong rendah, dan (3) terdapat hubungan antara kondisi keluarga broken home dengan kecerdasan emosi anak usia dini di Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan berada pada kategori kuat. Disarankan kepada orang tua yang sudah bercerai untuk tetap menjalin hubungan baik dengan mantan istri/suami agar menciptakan keharmonisan dan kekompakkan dalam pengasuhan agar kecerdasan emosi anak dapat berkembang dengan baik. Dan kepada peneliti lain supaya melihat fenomena tambahan terkait kecerdasan emosi anak usia dini dengan menggunakan variabel yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorWisroni, WisroniUNSPECIFIED
CorrectorArini, Fitri DwiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Oct 2023 08:42
Last Modified: 17 Oct 2023 08:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47411

Actions (login required)

View Item View Item