Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Era Digital Revolusi Industri 4.0 di Kelas XII IPA 2 SMA N 1 Bayang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan

Alfahrisi, Muhammad (2023) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Era Digital Revolusi Industri 4.0 di Kelas XII IPA 2 SMA N 1 Bayang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_MUHAMMAD_ALFAHRISI_18329195_605_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah salah satu aset yang sangat penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas melalui pembelajaran yang bermutu. Oleh karena itu diperlukan suatu cara dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas melalui pembelajaran yang efektif dan efisien sesuai dengan perkembangan zaman. Di era digital Revolusi Industri 4.0 pada saat sekarang ini semakin berkembang pesat, dimana perkembangan teknologi tersebut tidak dapat melepaskan manusia untuk menggunakan teknologi di setiap aktivitas kehidupan sehari-hari. Pada era ini, dunia pendidikan diharapkan mampu menghasilkan peserta didik yang dapat mengikuti arus perkembangan teknologi dengan baik yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai agama, memberikan bimbingan dan pembinaan yang baik kepada peserta didik agar dapat menghasilkan peserta didik modern yang selalu menunjukkan karakter yang baik. Salah satu solusi guna menghadapi permasalahan tersebut yaitu dengan mengimplementasikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berorientasi untuk membentuk karakter peserta didik di era digital Revolusi Industri 4.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era digital Revolusi Industri 4.0. Dalam penelitian ini ditemukan aspek perencanaan oleh pihak sekolah dengan mengadakan program-program untuk membentuk karakter peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran dalam membentuk karakter dilakukan dengan memanfaatkan media dan aplikasi digital diantaranya WhatsApp, Infocus, Google Classroom, Youtube. Sedangkan evaluasi kegiatan ini menggunakan tiga indikator yaitu, efektivitas, kecukupan dan responsivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program yang dilaksanakan di sekolah terdiri dari kegiatan intrakurikuler (Asma‟ul husna, profil pembelajaran pancasila (propela), pembiasan 3S (Senyum, Salam, dan Sapa), shalat Dzuhur berjamaah, membaca Asmaul Husna, pembiasaan hidup disiplin, pembiasaan hidup bersih, pembiasaan sikap tanggung jawab, Infaq setiap hari Jum‟at) dan kegiatan ekstrakurikuler (Pramuka, Kader Intelektual Islam, Paskibra, Kesenian, English Club, Volley Ball) yang memanfaatkan media dan aplikasi digital dalam proses pembelajaran sehingga mampu memberikan perubahan karakter pada peserta didik salah satunya dengan menanamkan nilai tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorMuliati, IndahUNSPECIFIED
CorrectorMurniyetti, MurniyettiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Oct 2023 08:41
Last Modified: 17 Oct 2023 08:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47409

Actions (login required)

View Item View Item