Penggunaan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Tari di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kota Pariaman

Fitriani, Wela (2023) Penggunaan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Tari di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_WELA_FITRIANI_18023058_1863_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan konstruktivisme terhadap aktivitas dan keaktifan siswa pada pembelajaran Seni Tari di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kota Pariaman Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini terdiri dari dua silkus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian ini adalah pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran seni tari sangat efektif, membuat kegiatan pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan. Presentase aktivitas siswa pada siklus I pada pertemuan ke-1 yaitu 56% dengan kriteria kurang baik, pertemuan ke-2 rata-rata presentase aktivitas belajar siswa adalah 46% dengan kriteria kurang baik, pertemuan ke-3 meningkat menjadi 59% dengan kriteria kurang baik. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat, pada pertemuan ke-1 yaitu 67,7%, dengan cukup baik, pada pertemuan ke-2 semakin meningkat menjadi 91,6% kriteria sangat baik. Presentase belajar siswa melalui tes tertulis dan tes praktek siswa menunjukan peningkatan sangat baik, rata-rata hasil belajar tes tertulis siswa adalah 86,8% dengan pencapaian sangat baik, sedangkan pada hasil kemampuan praktek siswa dengan rata-rata nilai 73,2% menjadi 86% dengan pencapaian sangat baik. Hasil penelitian ini telah mencapai target dan melewati batas nilai Kriteria Ketuntasan Minumun (KKM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrayuda, IndrayudaUNSPECIFIED
CorrectorYuliasma, YuliasmaUNSPECIFIED
CorrectorSusmiarti, SusmiartiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:25
Last Modified: 17 Oct 2023 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47395

Actions (login required)

View Item View Item