Novella, Novella
(2023)
Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan
Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MAN 4
Pasaman Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan
keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI MAN 4 Pasaman Barat.
Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI
MAN 4 Pasaman Barat. Ketiga, menganalisis adakah korelasi antara keterampilan
membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas
XI MAN 4 Pasaman Barat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan
korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 4 Pasaman Barat
yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 66 siswa yang tersebar
di empat kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 orang. Sampel
penelitian diambil sebesar 100% menggunakan teknik total sampling. Instrumen
penelitian ini adalah tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif berupa tes
keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja berupa tes keterampilan
menulis teks eksplanasi.
Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca
pemahaman siswa kelas XI MAN 4 Pasaman Baratmemperoleh rata-rata hitung
68,43 dengan klasifikasi lebih dari cukup. Kedua, keterampilan menulis teks
eksplanasi siswa kelas XI MAN 4 Pasaman Barat memperoleh rata-rata hitung
74,10 dengan klasifikasi lebih dari cukup. Ketiga, terdapat korelasi yang
signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan
menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 4 Pasaman Barat dengan nilai rhitung
0,423> r-tabel 0,244dengan derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%
H0 ditolak dan H1 diterima karena t-hitung (3,74) lebih besar daripada t-tabel
(1,67). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca
pemahaman berkorelasi positif dengan keterampilan menulis teks eksplanasi yang
artinya hubungan antara kedua variabel sejajar yaitu semakin tinggi keterampilan
membaca pemahaman, maka akan semakin tinggi pula keterampilan menulis teks
eksplanasi siswa. Jadi, jika guru ingin meningkatkan keterampilan menulis siswa,
maka guru harus melatih siswa untuk meningkatkan keterampilan membaca
pemahamannya.
Actions (login required)
|
View Item |