Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MAN 4 Pasaman Barat

Novella, Novella (2023) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MAN 4 Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NOVELLA_17016116_1487_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI MAN 4 Pasaman Barat. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 4 Pasaman Barat. Ketiga, menganalisis adakah korelasi antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 4 Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 4 Pasaman Barat yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 66 siswa yang tersebar di empat kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 orang. Sampel penelitian diambil sebesar 100% menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif berupa tes keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja berupa tes keterampilan menulis teks eksplanasi. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI MAN 4 Pasaman Baratmemperoleh rata-rata hitung 68,43 dengan klasifikasi lebih dari cukup. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 4 Pasaman Barat memperoleh rata-rata hitung 74,10 dengan klasifikasi lebih dari cukup. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 4 Pasaman Barat dengan nilai rhitung 0,423> r-tabel 0,244dengan derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95% H0 ditolak dan H1 diterima karena t-hitung (3,74) lebih besar daripada t-tabel (1,67). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman berkorelasi positif dengan keterampilan menulis teks eksplanasi yang artinya hubungan antara kedua variabel sejajar yaitu semakin tinggi keterampilan membaca pemahaman, maka akan semakin tinggi pula keterampilan menulis teks eksplanasi siswa. Jadi, jika guru ingin meningkatkan keterampilan menulis siswa, maka guru harus melatih siswa untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahamannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahrul R, Syahrul RUNSPECIFIED
CorrectorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorAbdurrahman, AbdurrahmanUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 17 Oct 2023 02:45
Last Modified: 17 Oct 2023 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47394

Actions (login required)

View Item View Item