Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Microsoft Power Point terhadap Hasil Belajar Siswa pada Terna 3 Makanan Sehat Kelas 5 SDN 29 Gunung Sariak

Dwanty, Reyske Meisalya (2023) Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Microsoft Power Point terhadap Hasil Belajar Siswa pada Terna 3 Makanan Sehat Kelas 5 SDN 29 Gunung Sariak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_REYSKE_MEISALYA_SWANTY_18004088_2043_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan adalah masih rendahnya hasil belajar siswa di SDN 29 Gunung Sarik. Karena proses pembelajaran masih bersifat konvensional yang hanya menggunakan buku ajar cetak sebagai media pembelajarannya dan metode ceramah sebagai metode pembelajarannya. Guru juga mengaku bahwa belum menggunakan media dalam proses pembelajaran di kelas. Rumusan masalahan pada penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan nilai rata-rata antara kelas 5A yang memanfaatkan media Microsoft Power Point dalam pembelajaran dengan kelas 5B yang memanfaatkan buku ajar cetak dalam pembelajaran dan apakah ada pengaruh yang signifikan dalam pemanfaatan media Microsoft Power Point terhadap hasil belajar siswa pada Terna 3 Makanan Sehat kelas 5 SDN 29 Gunung Sariak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan nilai rata-rata antara kelas 5A sebagai kelas eksperimen dengan kelas 5B sebagai kelas kontrol dan melihat apakah ada pengaruh yang signifikan dalam pemanfaatan media Microsoft Power Point terhadap hasil belajar siswa pada Terna 3 Makanan Sehat kelas 5 SDN 29 Gunung Sariak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment research). Terdiri atas 2 kelas yaitu kelas eksperimen serta kelas kontrol. Kelas eksperimen yakni kelas 5A dengan perlakuan memakai media Microsoft Power Point serta kelas kontrol yaitu kelas 5B diberi perlakuan memakai media buku ajar cetak. Sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Penelitian ini dilakukan pada Terna 3 makanan Sehat. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini memakai statistik uji t, dengan taraf signifikan a 0,05. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen yang memakai media Microsoft Power Point ialah 71,61. Nilai rata-rata kelas kontrol yang memakai media buku ajar cetak yakni 50,61. Bersumber pada perhitungan uji t (t-test) diperoleh thitung 19,21 sebaliknya ttabel pada taraf signifikan a 0,05= 2,01. Bila dibandingkan, sehingga thitung > ttabel ialah 19,21 > 2,01. Yang berarti bahwa H1 yang diterima. Dengan demikian pemakaian media Microsoft Power Point mempengaruhi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada Terna 3 Makanan Sehat Kelas 5 SDN 29 Gunung Sarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorSyafril, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Oct 2023 01:24
Last Modified: 17 Oct 2023 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47389

Actions (login required)

View Item View Item