Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Diferensiasi Gaya Belajar Siswa Kelas IX di SMP Negeri 7 Padang

Elcery, Melinnia (2023) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Diferensiasi Gaya Belajar Siswa Kelas IX di SMP Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_MELINNIA_ELCERY_19329174_19329174_2975_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena ada nya perbedaan gaya belajar yang dimiliki setiap siswa, sehingga seorang Guru harus memiliki keahlian dalam mengelola pembelajaran yang berbasiskan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana guru Pendidikan Agama Islam dalam memetakan gaya belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 7 Padang. (2) Untuk mengetahui bagaimana cara guru Pendidikan Agama dalam mengakomodir ke 3 gaya belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 7 Padang. (3) Untuk mengetahui aapa kendala dan solusi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengakomodir ke 3 gaya belajar kelas IX di SMP Negeri 7 Padang. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, objek penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMP Negeri 7 Padang dan subjek penelitian pada penelitian ini adalah proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berbasis diferensiasi gaya belajar siswa. Kemudian data yang didapat dari hasil observasi, wawancara dengan Informan, dan dokumentasi untuk melihat fenomena yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, cara guru Pendidikan Agama Islam dalam memetakan gaya belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 7 Padang yaitu dengan cara melihat hasil pemetaan yang dilakukan oleh bagian Bimbingan Konseling (BK) di SMP Negeri 7 Padang. Kedua, cara guru Pendidikan Agama Islam dalam mengakomodir ke 3 gaya belajar siswa IX di SMP Negeri 7 Padang yaitu dengan cara memperhatikan setiap proses pembelajaran agar tetap memenuhi setiap gaya belajar siswa dengan cara melakukan pembelajaran yang bervariasi. Ketiga, kendala dan solusi yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengakomodir ke 3 gaya belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 7 Padang yaitu standarnya fasilitas yang ada dan waktu mengajar yang terasa singkat sehingga solusi yang dilakukan yaitu memaksimalkan waktu yang ada dengan tetap berupaya memenuhi setiap kebutuhan gaya belajar siswa. Adapun kesimpulan penelitian yaitu Pertama, peimeitaan gaya beilajar siswa keilas IX di SMP Neigeiri 7 Padang teirnyata sudah dilakukan oleih bagian Bimbingan Konseiling di seitiap awal tahun peimbeilajaran yang mana cara peimeitaan gaya beilajar siswa deingan cara meinyeibar angkeit yang teirdiri dari 30 soal deingan waktu 30 meinit peingisian. Di angkeit teirseibut ada 3 pilihan, yang mana pilihan peirtama itu jawaban yang meinggambarkan gaya beilajar seicara visual, pilihan keidua yang meinggambarkan gaya beilajar audio, dan pilihan keitiga yang meinggambarkan gaya beilajar kineisteitik. Hasil gaya beilajar diteintukan dari skor pilihan teirbanyak yang di jawab. Seihingga Guru Peindidikan Agama Islam hanya meilihat gaya beilajar siswa dikeilas teirsbut dari hasil peimeitaan yang dilakukan oleih bagian Bimbingan Konseiling (BK). Kedua, Proseis peimbeilajaran Peindidikan Agama Islam dalam meingakomodir dari kei 3 gaya beilajar siswa keilas IX.3 pada mateiri Aqiqah dan Qurban adalah deingan cara, langkah awal Guru Peindidikan Agama Islam teilah meimpeirsiapkan RPP yang akan digunakan, yang mana RPP teirseibut beirisi teintang mateiri apa, tujuan peimbeilajaran nya apa, sumbeir beilajar nya apa saja dan adanya keigiatan peindahuluan, keigiatan Inti dan keigiatan peinutup. Seimua langkah peimbeilajaran teirseibut teilah di deisain agar dapat meimeinuhi dari kei 3 gaya ii beilajar siswa yaitu gaya beilajar visual, audio dan kineisteitik, sehingga memang adanya keterkaitan antara teory dan hasil penelitian. Ketiga, terdapat keindala yang dihadapi Guru Peindidikan Agama Islam di keilas IX.3 pada mateiri Aqiqah dan Qurban adalah kurang teirseidia nya fasilitas dan waktu yang kurang. Seihingga solusi yang dilakukan oleih Guru Peindidikan Agama Islam adalah deingan cara meingalihkan keigiatan yang di rancang deingan keigiatan seirupa namun teitap meilibatkan ranah beilajar yang ingin dicapai seisuai waktu yang teirseidia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSatria, RenggaUNSPECIFIED
CorrectorAlfurqan, AlfurqanUNSPECIFIED
CorrectorMurniyetti, MurniyettiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Oct 2023 01:24
Last Modified: 17 Oct 2023 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47386

Actions (login required)

View Item View Item