Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Autoplay Media Studio pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X

Putra, Rahman Randa (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Autoplay Media Studio pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_RAHMAN_RANDA_PUTRA_1304761_1173_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan masalah yang terdapat di MAN 2 Padang pada mata pelajaran PAI Kelas X. Terdapat permasalahan yaitu kurang antusiasnya siswa dalam mengikuti mata pelajaran PAI. Selain itu kurangnya siswa memperhatikan guru ketika sedang menerangkan pelajaran, mengobrol dengan teman yang lain, dan ada juga hanya duduk termenung ataupun mengantuk di kelas. Media pemebelajaran dapat dijadikan altematif untuk mengurangi permasalahan dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk sebagai media pembelajaran yang valid dan praktis sesuai dengan kriteria kelayakan materi dan media pada mata pelajaran PAI Kelas X di MAN 2 Padang. J enis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Uji validitas produk dilakukan oleh 3 validator yaitu 1 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada 15 orang siswa kelas X di MAN 2 Padang. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran PAI Kelas X MAN menunjukkan bahwa, prosedur pengembangan ini ditempuh melalui beberapa tahap yang pertama, tahap studi pendahuluan dengan melakukan analisis kebutuhan, kedua tahap pengembangan multimedia interaktif Jadi dari prosedur pengembangan ini mendapatkan hasil uji validitas produk untuk aspek materi berada pada pencapaian "sangat Sesuai" dengan nilai yang diperoleh validator sebesar 4, 70, untuk aspek media berada pencapaian "sangatlayak" dengan nilai yang diperoleh validator I sebesar 4,60 dan validator II sebesar 4, 78. Selanjutnya, untuk hasil uji kepraktisan produk berdasarkan uji coba yang telah dilakukan berada pada pencapaian "sangat praktis"dengan nilai yang diperoleh sebesar 4,54. Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa media pemebelajaran pada mata pelajaran PAI sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Oct 2023 01:23
Last Modified: 17 Oct 2023 03:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47383

Actions (login required)

View Item View Item