Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran Desain Grafts Percetakan Kelas XI Multimedia di SMK N 2 Kecamatan Guguak

Tisara, Giska Widi (2023) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran Desain Grafts Percetakan Kelas XI Multimedia di SMK N 2 Kecamatan Guguak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_GISKA_WIDI_TISARA_18004016_4937_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasrkan hasil observasi yang peneliti lakukan tentang pembelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK N 2 Kecamatan Guguak, banyak siswa tidak mengikuti pembelajaran dengan baik. Siswa mudah jenuh dalam memperhatikan penjelasan guru. Salah satu faktor yang menjadi penyebab hal ini adalah pembelajaran yang bersifat monoton. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Multimedia di SMK N 2 Kecamatan Guguak pada mata pelajaran desain grafis percetakan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif quasi experimen dengan desain post-test only. Sampel pada penelitian ini sebanyak 49 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik sensus. Instrumen yang digunakan yaitu soal pilihan ganda yang terdiri dari 20 item. Data penelitian diolah menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakana model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dengan model konvensional. Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehingga hipotesis dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning efektif digunakan pada mata pelajaran desain grafis percetakan kelas XI Multimedia di SMK N 2 Kecamatan Guguak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYeni J, FetriUNSPECIFIED
CorrectorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Oct 2023 05:51
Last Modified: 16 Oct 2023 05:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47368

Actions (login required)

View Item View Item