Tisara, Giska Widi
(2023)
Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran Desain Grafts Percetakan Kelas XI Multimedia di SMK N 2 Kecamatan Guguak.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Berdasrkan hasil observasi yang peneliti lakukan tentang pembelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK N 2 Kecamatan Guguak, banyak siswa tidak mengikuti pembelajaran dengan baik. Siswa mudah jenuh dalam memperhatikan penjelasan guru. Salah satu faktor yang menjadi penyebab hal ini adalah pembelajaran yang bersifat monoton. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Multimedia di SMK N 2 Kecamatan Guguak pada mata pelajaran desain grafis percetakan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif quasi experimen dengan desain post-test only. Sampel pada penelitian ini sebanyak 49 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik sensus. Instrumen yang digunakan yaitu soal pilihan ganda yang terdiri dari 20 item. Data penelitian diolah menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakana model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dengan model konvensional. Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehingga hipotesis dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning efektif digunakan pada mata pelajaran desain grafis percetakan kelas XI Multimedia di SMK N 2 Kecamatan Guguak.
Actions (login required)
|
View Item |