Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Media Microsoft Power Point terhadap Pemecahan Masalah Belajar pada Mata Pelajaran BK TIK di SMA Negeri 6 Padang

Rozi, Fachrur (2023) Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Media Microsoft Power Point terhadap Pemecahan Masalah Belajar pada Mata Pelajaran BK TIK di SMA Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_FACHRUR_ROZI_18004163_452_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor seperti rendahnya kemampuan siswa dalam menjawab soal dan kurangnya strategi pembelajaran aktif. Berdasarkan data hasil nilai ujian PTS (Pertemuan Tengah Semester) peserta didik kelas X MIPA masih dibawah rata-rata KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang ditentukan yaitu 75 hasil tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran Team Quiz berbantuan media microsoft power point terhadap pemecahan masalah belajar Pada Mata Pelajaran BK TIK Kelas X di SMA Negeri 6 Padang Metode penelitian yang penulis lakukan ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 padang dengan jumlah populasi sebanyak 50 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Sampel Random Sampling, yaitu dari dua kelas diambil secara acak yakni kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen sebanyak 25 peserta didik dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol sebanyak 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai post-test peserta didik pada kelas eksperimen adalah 84.7 sedangkan rata-rata nilai post-test peserta didik pada kelas kontrol adalah 78,8 84. Hasil hipotesis menunjukan bahwa Thitung 3.430 > Ttabel 2.00. Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Team Quiz memberikan pengaruh yang signifikan kepada peserta didik terhadap Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Media Microsoft Power Point Terhadap Pemecahan Masalah Belajar Pada Mata Pelajaran BK TIK di SMA Negeri 6 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorNovrianti, NovriantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Oct 2023 05:39
Last Modified: 16 Oct 2023 05:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47367

Actions (login required)

View Item View Item