Pengembangan Multimedia pada Metode Inkuiri Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP

Zulrahman, Alvin (2023) Pengembangan Multimedia pada Metode Inkuiri Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_ALVIN_ZULRAHMAN_18004111_1981_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pembelejaran IPA yang merupakan salah satu pembelajaran wajib di setiap jenjang pendidikan tentunya terdapat berbagai kesenjangan dalam penerapannya. Berdasarkan masalah yang ditemukan di SMP Angkasa Lanud Padang pada mata pelajaranIPA di kelas VIII, terungkap bahwa kurang tertariknya siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA dikarenakan guru menggunakan aplikasi Geschool di dalam pembelajaran yang mana materi disajikan dalam bentuk file Pdf yang berisi informasi abstrak tanpa penjelasan media yang bersifat verbal, mengakibatkan media yang digunakan tidak efesien pada saat pembelajaran karena media berupa materi PDF yang merangkum banyak materi. Multimedia dapat dijadikan altematif untuk memperbaiki permasalahan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode Inkuiri atau bersifat lebih nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia yang valid dan praktis sesuai dengan kriteria kelayakan materi dan kelayakan media pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Angkasa Lanud Padang. J enis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D ), menggunakan model pengembangan ASSURE. Uji validitas produk multimedia dilakukan oleh tiga orang validator yaitu satu orang validator materi dan dua orang validator media. Uji coba produk multimedia dilakukan kepada 28 orang siswa kelas VIII. I di SMP Angkasa Lanud Padang. Hasil penelitian menyatakan bahwa teknik analisis data pada uji validitas produk mendapati aspek materi berada pada "Sangat Valid" sebesar 4,81 dari skor maksimal 5 dengan persentase 97%. Kemudian untuk aspek media berada pada pencapaian "Sangat Valid" dengan nilai rata-rata sebesar 4,93 dari skor maksimal 5 dengan persentase 98%. Selanjutnya hasil uji kepraktisan produk multimedia berdasarkan uji coba yang telah dilakukan berada pada pencapaian "Sangat Praktis" dengan nilai rata-rata sebesar 4,64 dari skor maksimum 5 dengan persentase 93%. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan multimedia di pelajaran IPA kelas VIII SMP menunjukkan bahwa pengembangan ini melalui enam langkah model pengembangan ASSURE. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah multimedia pada mata pelajaran IPA sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Oct 2023 05:09
Last Modified: 16 Oct 2023 05:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47363

Actions (login required)

View Item View Item