Pengembangan Media Pembelajaran Penyajian Data dalam Bentuk Diagram Batang dengan Lectora Inspire di Kelas IV SDN 12 Pisang Pauh Padang

Aprilya, Yola (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Penyajian Data dalam Bentuk Diagram Batang dengan Lectora Inspire di Kelas IV SDN 12 Pisang Pauh Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Yola_Aprilya_17129441_1242_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu alat yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi agar dapat dipahami peserta didik dengan mudah. Pada saat ini penggunaan teknologi sangat berkembang termasuk penggunaan teknologi di bidang pendidikan, salah satu media yang menggunakan teknologi adalah media pembelajaran dengan Lectora Inspire. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran penyajian data dalam bentuk diagram batang dengan Lectora Inspire di kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunanakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D. tahapan-tahapan yang digunakan dalam model 4D yaitu tahap Define (pendefinisian), tahap Design (perancangan), tahap Develop (pengembangan), dan tahap Dissemination (penyebaran). Pengambilan data didapatkan menggunakan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli kebahasaan dan lembar validasi ahli media. Sedangkan angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu 27 peserta didik yang terdiri dari 10 laki-laki dan 17 perempuan di kelas IV B SDN 12 Pisang. Hasil penelitian dari pengembangan media pembelajaran penyajian data dalam bentuk diagram batang dengan Lectora Inspire memperoleh hasil uji validitas bahasa mendaptkan presentase sebesar 90%, hasil uji validitas materi presentase sebesar 85%, dan hasil uji validitas media presentase sebesar 95%. Sedangkan pada hasil uji praktikalitas angket respon guru memperoleh hasil sebesar 93,18% dan hasil uji praktikalitas respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 94,01%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran penyajian data dalam bentuk diagram batang dengan Lectora Inspire di kelas IV Sekolah Dasar telah valid dan praktis digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:20
Last Modified: 16 Oct 2023 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47349

Actions (login required)

View Item View Item