Aprilya, Yola
(2022)
Pengembangan Media Pembelajaran Penyajian Data dalam Bentuk Diagram Batang dengan Lectora Inspire di Kelas IV SDN 12 Pisang Pauh Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Media pembelajaran merupakan suatu alat yang dapat membantu guru
dalam menyampaikan materi agar dapat dipahami peserta didik dengan mudah.
Pada saat ini penggunaan teknologi sangat berkembang termasuk penggunaan
teknologi di bidang pendidikan, salah satu media yang menggunakan teknologi
adalah media pembelajaran dengan Lectora Inspire. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengembangkan media pembelajaran penyajian data dalam bentuk
diagram batang dengan Lectora Inspire di kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan
praktis.
Jenis penelitian yang digunanakan adalah penelitian pengembangan
(Research and Development) dengan model 4D. tahapan-tahapan yang digunakan
dalam model 4D yaitu tahap Define (pendefinisian), tahap Design (perancangan),
tahap Develop (pengembangan), dan tahap Dissemination (penyebaran).
Pengambilan data didapatkan menggunakan lembar validasi dan angket respon.
Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli
kebahasaan dan lembar validasi ahli media. Sedangkan angket respon terdiri dari
angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian
ini yaitu 27 peserta didik yang terdiri dari 10 laki-laki dan 17 perempuan di kelas
IV B SDN 12 Pisang.
Hasil penelitian dari pengembangan media pembelajaran penyajian data
dalam bentuk diagram batang dengan Lectora Inspire memperoleh hasil uji
validitas bahasa mendaptkan presentase sebesar 90%, hasil uji validitas materi
presentase sebesar 85%, dan hasil uji validitas media presentase sebesar 95%.
Sedangkan pada hasil uji praktikalitas angket respon guru memperoleh hasil sebesar
93,18% dan hasil uji praktikalitas respon peserta didik memperoleh hasil sebesar
94,01%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
penyajian data dalam bentuk diagram batang dengan Lectora Inspire di kelas IV
Sekolah Dasar telah valid dan praktis digunakan.
Actions (login required)
|
View Item |