Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Value Clarification Technique (VCT) Model Matriks Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN 53 Kampung Jambak Kota Padang

Utami, Tita Tiara (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Value Clarification Technique (VCT) Model Matriks Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN 53 Kampung Jambak Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Tita_Tiara_Utami_17129093_1433_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu menekankan kepada keaktifan peserta didik dalam mencari dan menggali informasi. Pembelajaran berbasis masalah melatih peserta didik untuk berfikir kritis dan aktif. Sedangkan kondisi di lapangan menunjukan bahwa peserta didik tidak telatih untuk berfikir kritis dan masih tergolong pasif serta hasil belajar peserta didik yang sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Value Clarification Technique (VCT) Model Matriks Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN 53 Kampung Jambak Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 53 Kampung Jambak Kota Padang. Dilaksanakan dua siklus, siklus pertama dua kali pertemuan, siklus ke dua satu kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data di dapat dari hasil pengamatan tes dan non tes. Hasil pengamatan rancangan pelaksanaan pembelajaran siklus I diperoleh nilai rata-rata 80,5% dengan kualifikasi B, meningkat pada siklus II menjadi 94% dengan kualifikasi SB. Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 81,25% dengan kualifikasi B, meningkat pada siklus II 94% dengan kualifikasi A. Sedangkan nilai rata-rata aspek peserta didik siklus I diperoleh 81% dengan kualifikasi B, meningkat pada siklus II diperoleh 94% dengan kualifikasi A. Hasil belajar peserta didik pada siklus I di peroleh rata-rata 73,75% dengan kualifikasi B-, meningkat pada siklus II menjadi 94% dengan kualifikasi A. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Model Matriks dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 53 Kampung Jambak Kota Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZaiyasni, ZaiyasniUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:20
Last Modified: 16 Oct 2023 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47348

Actions (login required)

View Item View Item