Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar dengan Menggunakan Pendekatan Kontruktivisme Di Kelas IV UPTD SDN 03 Banja Loweh Kabupaten Lima Puluh Kota.

Rahmadani, Tesa (2022) Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar dengan Menggunakan Pendekatan Kontruktivisme Di Kelas IV UPTD SDN 03 Banja Loweh Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Tesa_Rahmadani_17129183_834_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika karena kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran matematika yang dilakukan oleh guru. Guru dalam melaksanakan pembelajaran belum menggunakan pendekatan pembelajaran yang inovatif. Pemilihan model pembelajaran juga tidak disesuaikan dengan karakter siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme pada pembelajaran keliling dan luas bangun datar di kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang dialksanakan dalam dua siklus. Suklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV UPTD SDN 03 Banja Loweh, Kabupaten Lima Puluh Kota dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Prosedur penelitian meliputi meliputi emat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data berasal dari hasil pengamatan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I pertemuan 1 dengan rata-rata presentase 90,24% dengan kriteria baik (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 94% dengan predikat (SB), b) pelaksanaan aktivitas guru siklus I memperoleh peningkatan dengan rata-rata persentase 80,35% dengan kriteria baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 89,28% dengan kriteria baik (B), c) pelaksanaan aktivitas siswa siklus I memperoleh peningkatan dengan rata-rata persentase 80,35% dengan predikat baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kriteria (SB), dan d) hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata hasil belajar 74,89.dengan predikat (C) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 91,04 dengan predikat (SB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV UPTD SDN 03 Banja Loweh Kabupaten Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorAstimar, NellyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:05
Last Modified: 16 Oct 2023 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47346

Actions (login required)

View Item View Item