Rahmadani, Tesa
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar dengan Menggunakan Pendekatan Kontruktivisme Di Kelas IV UPTD SDN 03 Banja Loweh Kabupaten Lima Puluh Kota.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada
pembelajaran matematika karena kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran
matematika yang dilakukan oleh guru. Guru dalam melaksanakan pembelajaran
belum menggunakan pendekatan pembelajaran yang inovatif. Pemilihan model
pembelajaran juga tidak disesuaikan dengan karakter siswa sehingga berdampak
pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan
kontruktivisme pada pembelajaran keliling dan luas bangun datar di kelas IV.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang dialksanakan dalam dua
siklus. Suklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali
pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV UPTD SDN 03 Banja
Loweh, Kabupaten Lima Puluh Kota dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari
11 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Prosedur penelitian
meliputi meliputi emat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Data berasal dari hasil pengamatan, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I
pertemuan 1 dengan rata-rata presentase 90,24% dengan kriteria baik (B) kemudian
meningkat pada siklus II menjadi 94% dengan predikat (SB), b) pelaksanaan
aktivitas guru siklus I memperoleh peningkatan dengan rata-rata persentase 80,35%
dengan kriteria baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 89,28% dengan kriteria
baik (B), c) pelaksanaan aktivitas siswa siklus I memperoleh peningkatan dengan
rata-rata persentase 80,35% dengan predikat baik (B) meningkat pada siklus II
menjadi 92,85% dengan kriteria (SB), dan d) hasil belajar siswa pada siklus I
memperoleh rata-rata hasil belajar 74,89.dengan predikat (C) kemudian meningkat pada
siklus II menjadi 91,04 dengan predikat (SB). Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa, pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV UPTD SDN 03 Banja Loweh
Kabupaten Lima Puluh Kota.
Actions (login required)
|
View Item |