Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kabupaten Pesisir Selatan

Patika, Sindi (2022) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Sindi_Patika_17129412_1343_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang belum pernah menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning yang dapat mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, sehingga pembelajaran lebih bermakna. Proses pembelajaran hanya mengamati buku peserta didik dengan menggunakan pendekatan Saintifik tanpa memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun datar di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Quasi Experimental Design. Design penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling dengan jenis Cluster Random Sampling, dengan hasil kelas sampel terpilih SDN 15 Lansano kelas IV A dijadikan kelas eksperimen dan Kelas IV B dijadikan kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata pretest pada kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning adalah 31,23 dan nilai rata-rata hasil belajar posttest kelas eksperimen adalah 80,32. Sedangkan pembelajaran di kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik memiliki rata-rata hasil belajar pretest adalah 31,82 dan rata-rata hasil belajar posttest adalah 67,00. Hal ini menunjukkan hasil belajar keliling dan luas bangun datar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 2,96 > ttabel = 2,01808 dengan taraf signifikan 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun datar di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kabupaten Pesisir Selatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:04
Last Modified: 16 Oct 2023 02:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47344

Actions (login required)

View Item View Item