Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al- Qura’An bagi Siswa Inklusi di SD IT Al Iffat Kota Payakumbuh

Purnama, M Berian (2023) Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al- Qura’An bagi Siswa Inklusi di SD IT Al Iffat Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_M_BERIAN_PURNAMA_17329130_754_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendekripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam proses pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an bagi siswa Inklusi di SD IT Al Iffat Kota Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data di ambil dari beberapa orang informan melalui wawancara mendalam yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Informan tersebut terdiri dari Kepala Sekolah SD IT Al Iffat Kota Payakumbuh, Wakil Kesiswaan ,dua orang guru Tahfidz dan lima orang peserta Tahfidz. Untuk memperoleh hasil wawancara, peneliti ini menggunakan protokol wawancara sebagai instrumen penelitian. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang penulis gunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Secara keseluruhan hasil dari penelitian ini menunjukan: pertama, Perencanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an bagi siswa Inklusi di SD IT Al Iffat Kota Payakumbuh diantaranya: a) Persiapan sebelum belajar seperti menyediakan tempat yang layak dan nyaman saat melaksanakan kegiatan. Persiapan menjelang belajar seperti penetapan jadwal, metode yang digunakan dan sistim muroja’ahnya.b) Penetapan guru Tahfidz. Kedua, pelaksanaan terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pendahuluan kegiatan ini adalah mengumpulkan peserta di aula dan mengkondisikan tempat duduk peserta agar siap dalam melaksanakan kegiatan. Kegiatan intinya adalah guru membacakan atau mengdiktekan ayat yang akan dihafal, lalu peserta mendengarkan dan menirunya. Kegiatan Penutupnya adalah guru membacakan ayat yang akan dihafal peserta pada pertemuan selanjutnya. Ketiga, Evalluasi dari kegiatan ini adalah setoran hafalan peserta. Keempat Faktor pendukung dan penghambat adalah siswa yang memiliki keterbelakangan mental seperti gagap dalam berbicara namun pintar dalam menghafal ayat Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWiza, RahmiUNSPECIFIED
CorrectorRahman, RiniUNSPECIFIED
CorrectorMuliati, IndahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL- QURA’AN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 16 Oct 2023 01:01
Last Modified: 16 Oct 2023 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47339

Actions (login required)

View Item View Item