Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Conceptual Attainment pada Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMAN 13 Padang

Syafriza, Khairida (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Conceptual Attainment pada Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMAN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_KHAIRIDA_SYAFRIZA_17058178_4473_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 3 SMAN 13 Padang dibandingkan dengan dua kelas XI IPS lainnya, padahal semua kelas XI IPS di SMAN 13 Padang diajarkan oleh Guru Sosiologi yang sama. Rendahnya hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 3 karena kurang siapnya peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Sosiologi dalam proses pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran Conceptual Attainment di kelas XI IPS 3 SMAN 13 Padang. Untuk menganalisis penelitian yang berjudul upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Conceptual Attainment pada pembelajaran Sosiologi di kelas XI IPS SMAN 13 Padang, penelitian ini dianalisis menggunakan teori konstruktivistik dan desain penelitian menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Taggart dilakukan dengan beberapa siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan model pembelajaran Conceptual Attainment. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi selama kegiatan penelitian, data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan selam berada di SMAN 13 Padang, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Conceptual Attainment dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI IPS 3 SMAN 13 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJunaidi, JunaidiUNSPECIFIED
CorrectorSylvia, IkeUNSPECIFIED
CorrectorFernandes, RenoUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Oct 2023 08:18
Last Modified: 13 Oct 2023 08:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47324

Actions (login required)

View Item View Item