Pengaruh Model Pembelajaran Proyek Belajar Karakter terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Padang

Rizalda, Sufi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Proyek Belajar Karakter terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_SUFI_RIZALDA_19016199_3119_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang sebelum menggunakan model pembelajaran PBK. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang setelah menggunakan model pembelajaran PBK. Ketiga, menganalisis pengaruh model pembelajaran PBK terhadap keterampilan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Penelitian ini menggunakan tiga teori utama. Ketiga teori itu digunakan saat menganalisis dan membahas hasil temuan penulis dalam penelitian ini. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi. Kedua, model pembelajaran PBK dalam pembelajaran model pembelajaran PBK dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Ketiga, penerapan model pembelajaran PBK dalam pembelajaran teks eksplanasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif-analisis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dengan bentuk one-group pre-test-post-test design. Sampel yang digunakan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Ssampel dalam penelitian ini hanya satu kelas. Data penelitian ini berbentuk skor yang dikonversi menjadi nilai berdasarkan dua kali uji keterampilan menulis teks eksplanasi pada sampel. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pre-test, post-test dan analisis. Terdapat tiga hasil penelitian yang kemudian dijadikan simpulan. Ketiga hasil tersebut sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa sebelum melakukan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model pembelajaran PBK memperoleh rata-rata dengan klasifikasi “tinggi”. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa setelah mendapatkan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model pembelajaran PBK memperoleh rata-rata dengan klasifikasi “sangat tinggi”. Ketiga, berdasarkan uji nilai t yang dilakukan dan menunjukkan hasil thitung lebih kecil daripada ttabel. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model pembelajaran PBK memberikan pengaruh positif dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN PROYEK BELAJAR KARAKTER, KETERAMPILAN MENULIS
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:48
Last Modified: 13 Oct 2023 07:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47317

Actions (login required)

View Item View Item