Putri, Wina Julia Emanda
(2023)
Efektivitas Media Pohon Hitung untuk Meningkatkan Kemampuan
Penjumlahan Deret Kebawah bagi Anak Tunagrahita Ringan
Kelas V di SLB N 1 Linggo Sari Baganti.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penjumalah merupakan aritmatika dasar dari ilmu matematika, salah satu bentuk penjumlahan adalah penjumlahan deret kebawah. Melalui penjumlahan deret keawah memudahkan anak dalam menyelesaikan soal penjumlahan. Anak tunagrahita ringan adalah anak mampu didik sehingga masih bisa mengikuti pembelajaran terutama pembelajaran penjumlahan deret kebawah. Untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menyelesaikan penjumlahan deret kebawah dibutuhkan media yang tepat. Salah satunya adalah media pohon hitung. Media pohon hitung dilengkapi dengan kolom angka satuan dan puluhan, kartu angka ayng dapat dilepas dan dipasangkan, serta tanda operasi hitung penjumlahan. Sehingga lebih memudahkan anak untuk menyelesaikan soal penjumlahan deret kebawah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak Tunagrahita ringan kelas V SLB N 1 Linggo Sari Baganti. Penelitian ini dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan. Kondisi baseline (Al) atau kondisi sebelum diberikan intervensi dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan, kondisi Intervensi (B) dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan dengan menggunakan intervensi media pohon hitung, dan kondisi baseline (A2) adalah kondisi akibat setelah diberikan intervensi dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa tes dan studi dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual grafik.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan penjumlahan deret kebawah meningkat setelah menggunakan media pohon hitung pada anak tunagrahita ringan. Dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan penjumlahan deret kebawah dari kondisi baseline ke kondisi setelah diberikan intervensi
Actions (login required)
|
View Item |