Persepsi Guru Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka di SLBN I Kota Padang.

Fitria, Syaumil (2023) Persepsi Guru Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka di SLBN I Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_SYAUMIL_FITRIA_16003049_4066_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memberikan gambaran tentang kurikulum merdeka dalam pelaksanaan dalam proses pembelajaran anak di sekolah SLB N I Padang, bagaimana persiapan untuk menyelenggarakan kurikulum merdeka, kendala-kendala serta solusi yang harus dilakukan guru untuk menghadapi proses pembelajaran dengan menggunakan kurikulum merdeka. Metodologi penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini terdapat tiga narasumber yaitu kepala sekolah, guru penggerak dan guru wakil kurikulum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ialah bahwa guru memiliki persepsi yang beragam terhadap kurikulum merdeka yang mana guru memandang kurikulum merdeka ini mengedepankan kebutuhan dan minat peserta didik, bersifat dinamis dan fleksibel disesuaikan dengan kebutuhan sekolah, kurikulum merdeka menjadi acuan dalam berfikir yang lebih kreatif pada guru guna mewujudkan merdeka belajar, dan kurikulum merdeka lebih sederhana dalam membuat rancangan kegiatan. Kendala dan cara mengatasinya agar penerapan kurikulum merdeka berjalan dengan lancar seperti melakukan in house training dan lokal karya ketika jam istirahat atau ketika pulang sekolah untuk memberikan pelatihan dan diskusi bersama guru-guru untuk membuat modul pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBudi, SetiaUNSPECIFIED
CorrectorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:05
Last Modified: 13 Oct 2023 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47311

Actions (login required)

View Item View Item