Fitria, Syaumil
(2023)
Persepsi Guru Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka
di SLBN I Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memberikan gambaran tentang kurikulum merdeka dalam pelaksanaan dalam proses pembelajaran anak di sekolah SLB N I Padang, bagaimana persiapan untuk menyelenggarakan kurikulum merdeka, kendala-kendala serta solusi yang harus dilakukan guru untuk menghadapi proses pembelajaran dengan menggunakan kurikulum merdeka.
Metodologi penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini terdapat tiga narasumber yaitu kepala sekolah, guru penggerak dan guru wakil kurikulum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara serta dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini ialah bahwa guru memiliki persepsi yang beragam terhadap kurikulum merdeka yang mana guru memandang kurikulum merdeka ini mengedepankan kebutuhan dan minat peserta didik, bersifat dinamis dan fleksibel disesuaikan dengan kebutuhan sekolah, kurikulum merdeka menjadi acuan dalam berfikir yang lebih kreatif pada guru guna mewujudkan merdeka belajar, dan kurikulum merdeka lebih sederhana dalam membuat rancangan kegiatan. Kendala dan cara mengatasinya agar penerapan kurikulum merdeka berjalan dengan lancar seperti melakukan in house training dan lokal karya ketika jam istirahat atau ketika pulang sekolah untuk memberikan pelatihan dan diskusi bersama guru-guru untuk membuat modul pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |