Supari, Siti Fadila
(2023)
Efektivitas Media Papan Pintar Angka (PAPINKA) untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan pada Anak Tunagrahita Ringan (Single Subject Research kelas IV di Rumah Belajar Disability and Parent Help Limau Manis Padang).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan peneliti di Rumah Belajar Disability and Parent Help Limau Manis Padang, peneliti menemukan anak laki-laki inisial GAD tunagrahita ringan kelas IV, kurang mampu dalam menyelesaikan soal penjumlahan yang hasilnya Iebih dari 10. Sedangkan, anak mampu mengenal angka 1 sampai 30, berhitung 1 sampai 30 dan menuliskan angka 1 sampai 30. Maka, peneliti ingin membantu anak dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan menggunakan media papan pintar.
Media papan pintar merupakan media pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa melalui penyajian angka, huruf, simbol ataupun gambar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen berbentuk SSR desain A-B-A. Baseline pertama (Al) kemampuan awal subjek. Intervensi (B) kemampuan subjek selama diberikan perlakuan. Baseline (A2) kemampuan subjek dengan tidak lagi diberikan perlakuan.
Kondisi baseline (Al) data yang diperoleh yaitu 0%, 0%, 0%. Kondisi intervensi (B) data yang diperolch yaitu 80%, 90%, 90%, 100%, 100%, 100%,
100%. Kondisi baseline (A2) data yang diperoleh yaitu 70%, 70%, 80%, 80%. 80%. Berdasarkan basil analisis data, basil penelitian membuktikan bahwa media papan pintar efektif dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan anak tunagrahita rmgan.
Actions (login required)
|
View Item |