Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara

Rahmarani, Rahmarani (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RAHMARANI_18016089_1052_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan One Group Pretest and Posttest. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan pengaruh dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara yang terdaftar pada tahun 2022/2023 dengan jumlah siswa 328 siswa yang tersebar dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 31 siswa diambil menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Data penelitian ini adalah skor hasil keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC). Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Ketiga, berdasarkan uji-t, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan dk = (31+31)-2 karena thitung > ttabel (6.1 > 1.67). Hal itu terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan media audiovisual dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorAbdurrahman, AbdurrahmanUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 13 Oct 2023 04:14
Last Modified: 13 Oct 2023 04:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47304

Actions (login required)

View Item View Item