Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar

Muliani, Sri (2023) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_SRI_MULIANI_19016197_3493_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Ketiga, menganalisis korelasi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan metode yang digunakan adalah korelasi. Populasi peneitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 167 orang siswa yang tersebar dalam lima kelas. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 15% dari populasi dipeoleh 25 orang siswa. Teknik pengampilan sampel yang diterapkan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks eksplanasi sebagai variabel terikat (Y). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif untuk mengumpulkan data keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas XI SMA Negeri 1 X KotoKabupaten Tanah Datar berada pada kualifikasi lebih dari cukup, dengan nilai rata-rata 74,24. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar berada pada kualifikasi lebih dari cukup, dengan nilai rata-rata 75,22. Ketiga, terdapat korelasi antara kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi dengan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi dengan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 X KotoKabupaten Tanah Datar dengan derajat kebebasan n-1 pada taraf kepercayaan 95%. Nilai diperoleh t_hitung (21,04) lebih besar dari t_tabel (1,71). Dengan demikian, Ho ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membukikan bahwa t_hitung lebih besar dari t_tabel (21,04 > 1,71). Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin baik kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa maka akan semakin baik juga keterampilan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGani, ErizalUNSPECIFIED
CorrectorArief, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, YuliantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN, KETERAMPILAN MENULIS
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:17
Last Modified: 13 Oct 2023 07:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47302

Actions (login required)

View Item View Item