Menigkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Pendekatan Concrete Representational Abstract Pada Anak Tunagrahita Ringan.

Safrani, Ratih (2023) Menigkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Pendekatan Concrete Representational Abstract Pada Anak Tunagrahita Ringan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_RATIH_SAFRANI_19003027_4561_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diangkat dari permasalahan yang ditemukan di SLB N egeri 1 Padang pada seorang anak tunagrahita ringan kelas V yang belum mengenal lambang bilangan 6 sampai 10. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan Concrete Representational Abstract untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 6 sampai 10 pada anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini, adalah anak tunagrahita ringan kelas V di SLBN 1 Padang.Dengan teknik pengumpulan data yaitu tes perbuatan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data visual grafik yang dibagi atas analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan diperoleh data pada fase baseline (Al) dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan menunjukkan hasil presentase yang diperoleh yaitu 30%, 30%, 30%, 30%. Pada fase intervensi (B) dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan dan kemampuan anak menunjukkan peningkatan yang terlihat pada hasil presentase yang diperoleh yaitu 40%, 40%, 45%, 50%, 60%, 80%, 80%, 80%. Dan pada fase baseline (A2) dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan tanpa pemberian intervensi dan hasil presentase yang diperoleh yaitu 75%, 80%, 80%, 80%. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan 6 sampai 10 dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan Concrete Representational Abstract.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorBudi, SetiaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:18
Last Modified: 13 Oct 2023 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47297

Actions (login required)

View Item View Item