Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 1 Lembah Melintang

Ridho, M. Rasyid Ridho (2023) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 1 Lembah Melintang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_M_RASYID_RIDHO_18046021_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri 1 Lembah Melintang.Pada dasarnya banyak model pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran sejarah,salah satunya model discovery learning yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri 1 Lembah Melintang. Model pembelajaran memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu tujuan dari penelitan ini untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah. Penelitian ini merupakan quasi-eksperimen ini menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol menggunaan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan primer. Data diperoleh menggunakan instrumen tes melalui pelaksanaan pre-test dan post-test. Data dikalkulasi dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test untuk mengukur pengaruh pengaruh penerapan model Discovery Learning. Dalam menggunakan uji Independent Sample T-Test digunakan persyaratan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. Berdasarkan Tes yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa Hasil penelitian pada pelaksanaan pre-test untuk kelas kontrol memperoleh nilai 54,67 dan kelas eksperimen 50,14. Pada pelaksanaan post-test untuk kelas kontrol memperoleh nilai 84,61 dan kelas eksperimen 89,83. Untuk hasil dari pengujian normalitas dan homogenitas memperoleh nilai diatas 0,05 yang menginterpretasikan bahwa data yang digunakan normal dan homogen. Pada uji indpenden sampel t-tes diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) yaitu 0,000 . Hal ini menginterpretasikan bahwa model pembelajaran Discovery Learning memiliki pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, siswa SMA Negeri 1 Lembah Melintang menunjukkan hasil belajar yang meningkat dengan menggunakan model dicovery learning dibandingkan dengan model konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBasri, WahidulUNSPECIFIED
CorrectorZafri, ZafriUNSPECIFIED
CorrectorYefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:04
Last Modified: 12 Oct 2023 08:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47293

Actions (login required)

View Item View Item