Peningkatan Hasil Belajar FPB dan KPK Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 175774 Sibaragas Kabupaten Tapanuli Utara.

Purba, Rosania (2022) Peningkatan Hasil Belajar FPB dan KPK Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 175774 Sibaragas Kabupaten Tapanuli Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Rosania_Purba_17129110_1677_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar FPB dan KPK di kelas IV SDN 175774 Sibaragas. Guru kurang dalam mengembangkan motivasi siswa terhadap materi yang akan dipelajari, belum ada usaha maksimal dari guru untuk dapat mengaktifkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa, guru kurang menggali ide yang dimiliki siswa dalam menentukan konsep, guru kurang memberikan kesempatan dalam merekonstruksi gagasan siswa dalam diskusi kelompok, serta guru kurang memupuk kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dari ide yang dimiliki siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, peningkatkan hasil belajar FPB dan KPK menggunakan pendekatan konstruktivisme di kelas IV SDN 175774 Sibaragas Kabupaten Tapanuli Utara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaanya dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan.setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Teknik pengumpulan data didapatkan dari instrumen penelitian meliputi, lembar observasi dan lembar tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sdn 175774 Sibaragas dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata presentase 82,5% dengan kriteria baik (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 95% dengan predikat (SB), b) pelaksanaan aktivitas guru siklus I dengan rata-rata persentase 82,17% dengan kriteria baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 93% dengan kriteria sangat baik (SB), c) pelaksanaan aktivitas siswa siklus I memperoleh peningkatan dengan rata-rata persentase 80,38% dengan predikat baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,86% dengan kriteria (SB), dan d) hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 74,93 (C), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 85,69 dengan predikat (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning Pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar FPB dan KPK di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:46
Last Modified: 12 Oct 2023 07:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47290

Actions (login required)

View Item View Item