Nilai-nilai Sosial dalam Novel Dear Nathan: Hello Salma Karya Erisca Febriani dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel

Yulianti, Sinta (2023) Nilai-nilai Sosial dalam Novel Dear Nathan: Hello Salma Karya Erisca Febriani dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_SINTA_YULIANTI_19016124_3435_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial dalam novel Dear Nathan: Hello Salma karya EriscaFebriani dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel. Penelitian ini difokuskan pada nilai-nilai sosial yang terdapat dalam novel Dear Nathan: Hello Salma karya EriscaFebriani. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah kalimat yang berkaitan dengan nilai-nilai sosial yang terdapat dalam novel Dear Nathan: Hello Salma karya EriscaFebriani. Sumber data yang digunakan adalah novel Dear Nathan: Hello Salma karya EriscaFebriani. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara membaca keseluruhan teks novel kemudian menganalisis peristiwa yang mengandung nilai-nilai sosial. Teknik pengabsahan data dilakukan dengan cara mengulang-ulang pengamatan dan peningkatan kecermatan dalam hasil pengidentifikasian data yang ada dalam novel. Teknik penganalisisan data terdiri dari empat, yaitu Pertama, mengklasifikasi nilai-nilai sosial dalam novel Dear Nathan:Hello Salma karya EriscaFebriani. Kedua, menganalisis nilai-nilai sosial dalam novel Dear Nathan:Hello Salma karya EriscaFebriani. Ketiga, mendeskripsikan perilaku tokoh utama dalam novel Dear Nathan:Hello Salma karya EriscaFebriani. Keempat, menyimpulkan hasil temuan kemudian menulis laporan. Hasil dari penelitian ini ditemukan rangkaian peristiwa dalam novel Dear Nathan: Hello Salma: Karya EriscaFebriani sebanyak 63 peristiwa yang terjadi dan peristiwa yang dianalisis sesuai dengan penelitian ini adalah 32 nilai-nilai sosial yang ditemukan dari peristiwa yang meliputi, sembilan nilai sosial cinta kasih, sembilan nilai sosial kepedulian, lima nilai sosial tanggung jawab, dan Sembilan nilai sosial tolong menolong.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai sosial yang terdapat dalam novel Dear Nathan: Hello Salma karya EriscaFebriani cenderung berimbang dan nilai sosial yang paling rendah adalah nilai sosial tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorArief, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorTamsin, Andria CatriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DEAR NATHAN:HELLO SALMA, PEMBELAJARAN TEKS NOVEL
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:46
Last Modified: 12 Oct 2023 07:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47289

Actions (login required)

View Item View Item