Pengaruh Model Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pendalian IV Koto

Rizona, Sindy Putri (2023) Pengaruh Model Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pendalian IV Koto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_SINDY_PUTRI_RIZONA_18016186_5339_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikantingkat keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pendalian IV Koto sebelum dan setelah menggunakan model pictureandpicture serta pengaruh model pictureandpictureterhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri Pendalian IV Koto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini One Group PretestandPostest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C Negeri 1 Pendalian IV Koto yangberjumlah 22 orang.. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model pictureandpicture siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pendalian IV Koto. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pendalian IV Koto sebelum menggunakan model pictureandpictureberada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 56.25. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pendalian IV Koto setelah menggunakan model pictureandpictureberada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 80.3. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternative (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan dk = (22+22)-2 karena thitung>ttabel (10.21> 2.07). Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pictureandpicture dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PICTURE AND PICTURE, KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:32
Last Modified: 12 Oct 2023 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47286

Actions (login required)

View Item View Item