Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 19 Ambacang Anggang Kabupaten Pasaman

Khairahayati, Khairahayati (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 19 Ambacang Anggang Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Khairahayati_18129271_2853_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik yang rendah, perencanaan pembelajaran belum maksimal, RPP yang terdapat pada buku guru belum dikembangkan, penggunaan model pembelajaran yang belum tepat. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan model Discovery Learning di kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas IV, yang berjumlah 24 0rang, 13 orang perempuan dan 11 orang laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan, hal ini menunjukkan bahwa a) Rata-rata perencanaan pembelajaran siklus I memperoleh nilai 81,75% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 93,1% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru, siklus I 82,8% dengan kualifikasi baik (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 96,8% dengan kualifikasi sangat baik (SB) dan pada aspek peserta didik siklus I diperoleh 82,8% dengan kualifikasi baik (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 96,8% dengan kualifikasi sangat baik (SB), c) Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai 75% dengan kualifikasi cukup (C) dan meningkat pada siklus II menjadi 90,8% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Dari analisis diatas model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:35
Last Modified: 12 Oct 2023 08:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47271

Actions (login required)

View Item View Item