Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas V SDN 10 Tanah Datar

Gafarma, Irwan (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas V SDN 10 Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Irwan_Gafarma_17129044_1961_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar yang belum maksimal dan terlaksana dengan baik sesuai dengan pelaksanaan Kurikulum 2013. Hal itu disebab oleh guru yang belum mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata peserta didik, sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah nyata yang ada disekitarnya, hal tersebut dikarenakan pembelajaran yang disampaikan oleh guru tidak menarik dan membuat peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari materi pembelajaran serta guru kurang menggunakan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik anak sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas V SDN 10 Tanah Datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 10 Sungai Patai, Tanah Datar yang terdiri dari 19 orang. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar tematik terpadu. Hal ini dapat dilihat dari rata rata pengamatan RPP siklus I rata – rata hasilnya 79,1% (B), siklus II 94,4% (SB). Peningkatan ini juga terlihat pada rata rata pelaksanaan pembelajaran aktifitas guru siklus I adalah 81,9% (B), siklus II 91,6% (SB). Pada pelaksanaan aktifitas peserta didik siklus I 79,1% (B) dan siklus II 91,6% (SB). Pada hasil belajar peserta didik siklus I 74,1 (C) dan pada siklus II adalah 86,2 (A). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajara tematik terpadu kelas V.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZaiyasni, ZaiyasniUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:35
Last Modified: 12 Oct 2023 08:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47270

Actions (login required)

View Item View Item