Gafarma, Irwan
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas V SDN 10
Tanah Datar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pembelajaran tematik terpadu di
sekolah dasar yang belum maksimal dan terlaksana dengan baik sesuai dengan
pelaksanaan Kurikulum 2013. Hal itu disebab oleh guru yang belum mengaitkan
pembelajaran dengan kehidupan nyata peserta didik, sehingga peserta didik
mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah nyata yang ada disekitarnya,
hal tersebut dikarenakan pembelajaran yang disampaikan oleh guru tidak menarik
dan membuat peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari materi
pembelajaran serta guru kurang menggunakan pendekatan yang sesuai dengan
karakteristik anak sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk Peningkatan
Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan
Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas V SDN 10 Tanah
Datar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek
penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 10 Sungai Patai, Tanah Datar yang
terdiri dari 19 orang. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri empat tahapan
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrument yang
digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar tes dan non
tes.
Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar tematik
terpadu. Hal ini dapat dilihat dari rata rata pengamatan RPP siklus I rata – rata
hasilnya 79,1% (B), siklus II 94,4% (SB). Peningkatan ini juga terlihat pada rata
rata pelaksanaan pembelajaran aktifitas guru siklus I adalah 81,9% (B), siklus II
91,6% (SB). Pada pelaksanaan aktifitas peserta didik siklus I 79,1% (B) dan
siklus II 91,6% (SB). Pada hasil belajar peserta didik siklus I 74,1 (C) dan pada
siklus II adalah 86,2 (A). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajara tematik terpadu kelas
V.
Actions (login required)
|
View Item |