Efektivitas Model Explicit Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Memasang Jilbab Segi Empat Bagi Anak Tunagrahita Sedang (Single Subject Research Kelas VIII di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang)

Muliani, Desi Sri (2023) Efektivitas Model Explicit Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Memasang Jilbab Segi Empat Bagi Anak Tunagrahita Sedang (Single Subject Research Kelas VIII di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_DESI_SRI_MULIANI_18003005_2853_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB Muhammadiyah pauh IX Padang kelas VIII/C. Terdapat satu orang siswa tunagrahita sedang mengalami masalah dalam kemampuan memasang jilbab segi empat. Dalam kegiatan memasangjilbab segi empat kemampuan anak tunagrahita sedang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model explicit instruction dalam meningkatkan memampuan memasang j ilbab bagi anak tunagrahita sedang di SLB Muhammadiyah pauh IX Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan Single Subject Research (SSR) dengan desain ABA. Subjek dalam penelitian ini, yaitu siswa tunagrahita sedang di kelas VIII. Variabel penelitian meningkatkan kemampuan memasang jilbab. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes perubahan dengan alat pengumpulan data observasi langsung dengan menggunakan instrument tes perbuatan yaitu dengan memasang jilbab segiempat dengan menggunakan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan analisis visual grafik. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan memasang jilbab pada anak tunagrahita sedang meningkat setelah menggunakan model explicit instruction. Dibuktikan dengan adannya peningkatan kemampuan memasang jilbab dari kondisi baseline (Al) ke kondisi setelah diberikan intervensi (B) hingga kondisi baseline2 (A2) dimana hasil kecendrungan stabilitas mean level Al yaitu 31,25 lalu terjadi kenaikan saat diberikan intervensi B yang mana mean levelnya 51,42, bahkan pada kondisi A2 anak masih mengalami peningkatan dimana memperoleh angka 77,5 pada mean levelnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model explicit instruction efektif untuk meningkatkan kemampuan memasang jilbab bagi siswa tunagrahita sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKasiyati, KasiyatiUNSPECIFIED
CorrectorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorBudi, SetiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:44
Last Modified: 12 Oct 2023 08:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47269

Actions (login required)

View Item View Item