Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD Negeri 04 Guguak VIII Koto Kabupaten 50 Kota

Syahmi, Haibatul (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD Negeri 04 Guguak VIII Koto Kabupaten 50 Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Haibatul_ Syahmi _17129215_1943_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar (SD) 04 Guguak VIII Koto Kabupaten Lima Puluh Kota saat ini belum memuaskan karena pembelajaran tidak terlaksana sesuai dengan tuntutan pembelajaran tematik terpadu, untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dapat dilakukan dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS)dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model (TPS dalam pembelajaran tematik terpadu. manfaat dari penelitian ini ialah untuk memberikan inovasi model pembelajaran (TPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini diawali dengan perencanaan, pelaksanaan pengamatan, dan refleksi.Teknik pengaumpulan data berupa observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN 04 Guguak VIII Koto Kabupaten Lima Puluh Kota sebanyak 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I memperoleh rata-rata 83,33% (B), siklus II 94,44% (SB); b) pelaksanaan pada aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata 80% (B) dan siklus II 95% (SB); c) pelaksanaan pada aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 80% (B) dan siklus II 95% (SB); d) hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 67,26 (C) dan siklus II 86,66 (B). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 04 Guguak VIII Koto Kabupaten Lima Puluh kota

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAstimar, NellyUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:43
Last Modified: 12 Oct 2023 08:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47266

Actions (login required)

View Item View Item