Syahmi, Haibatul
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD Negeri 04 Guguak VIII Koto Kabupaten 50 Kota.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Hasil pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar (SD) 04 Guguak
VIII Koto Kabupaten Lima Puluh Kota saat ini belum memuaskan karena
pembelajaran tidak terlaksana sesuai dengan tuntutan pembelajaran tematik
terpadu, untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dapat dilakukan dengan
menerapkan model Think Pair Share (TPS)dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik
menggunakan model (TPS dalam pembelajaran tematik terpadu. manfaat dari
penelitian ini ialah untuk memberikan inovasi model pembelajaran (TPS). Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini diawali dengan perencanaan,
pelaksanaan pengamatan, dan refleksi.Teknik pengaumpulan data berupa
observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran
2020/2021. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN 04 Guguak VIII
Koto Kabupaten Lima Puluh Kota sebanyak 24 orang.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I
memperoleh rata-rata 83,33% (B), siklus II 94,44% (SB); b) pelaksanaan pada
aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata 80% (B) dan siklus II 95% (SB); c)
pelaksanaan pada aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 80% (B)
dan siklus II 95% (SB); d) hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata
67,26 (C) dan siklus II 86,66 (B). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik
terpadu di kelas IV SDN 04 Guguak VIII Koto Kabupaten Lima Puluh kota
Actions (login required)
|
View Item |